To Wake The Creativity Up

 

 

Banyaknya inspirational quotes yang mengajak para millenials untuk berpikir positif, kritis dan kreatif memang bertebaran di social media. Dan terkadang, dengan membaca segelintir barisan kata-kata itu sanggup untuk menggerakan para kaum muda untuk menciptapkan sebuah ide. Ide yang katanya mahal itu, yang disebut-sebut sulit untuk dicari, yang terkadang membuat para manusia-manusia di industri kreatif ini kewalahan sampai mengurung diri di kamar mandi. And now I wish I wasn’t the only one who doing it.

 

Melalui proses dan waktu yang panjang, pencarian ide akan berujung kepada bagaimana mewujudkan “to do list” melalui cara yang tidak biasa. But, some people find it difficult to express their creativity, bahkan beberapa kerabat saya mengaku bahwa mereka bukanlah orang yang kreatif. Untuk memecahkan teka teki biasa saja tidak bisa, bagaimana bisa terjun langsung ke dunianya, kata mereka. Saya kemudian berkaca, apa bisa berkompetisi dengan para manusia kreatif lainnya yang tidak terhitung banyaknya?

 

Tapi hari itu Daya Dimensi Indonesia, selaku pembicara di acara Wake Up Before You Start Up, membuka pandangan saya berserta peserta lainnya mengenai apa itu sebenarnya kreatifias. Ternyata paradigma kreatifitas tidak lagi seperti yang kita anggap selama ini, it’s more than that. Creativity is not a word, it’s a way. Jalan untuk memecahkan masalah yang kita temukan setiap hari, untuk mengubah pandangan lama yang terkesan begitu-begitu saja, untuk memberi tantangan kepada diri kita sendiri. Last but not least, the most interesting part is to make the world more colorful.

 

Bayangkan hidup di dunia yang tidak ada kreatifitas, dimana semuanya hanya ada teori, konspirasi dan secuil basa basi? It would end up being a dead end for all of us. Padahal tanpa kita sadari, kita memiliki cara sendiri untuk memecahkan masalah atau mungkin, untuk para peserta acara ini adalah untuk membangun start up company yang tengah mereka usahakan. Because like what the speaker from Daya Dimensi Indonesia said to us “Creativity creates a new future.” We create our own path that has been predicted. Walaupun ternyata, to be honest, the competition is as tough as it is. It’s either you’re totally in or out. Begitu juga dengan banyaknya musuh dari kreatifitas yang membuat kita seakan ingin mundur. Rasa nyaman yang berkepanjangan terkadang membuat pikiran kita seringkali buntu dan paranoid atas pengalaman buruk yang pernah dialami membuat kita tidak ingin mencoba lagi, kurangnya percaya diri karena banyaknya kompetisi, procrastination, lack of action and planning, dan ketakutan terhadap kegagalan yang padahal hanya ada di angan-angan saja. But that’s the point, if you want to be wildly creative, you have to force yourself to go deep down and of course, there’s a price to do so.

 

Di era sekarang ini, profesi di bidang kreatif memang sangat diminati dan sangat bisa diprediksi, 5 sampai 10 tahun kedepan industri ini akan memonopoli sebagian besar bidang usaha yang tidak hanya berjalan di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Para millennials ini, mau tidak mau, harus berpikir cepat dan ‘out of the box.’ Because once you stop thinking about ideas, they will be stolen by other people and the only way to stay creative is to brainstorm. Banyaknya ide yang menari liar di pikiran harus sesegera mungkin di susun menjadi bentuk cerita yang akhirnya akan direalisasikan menjadi bentuk benda atau jasa. But don’t stop in the 1st layer of idea, terus terjun ke dalam pikiran untuk mendapatkan solusi lainnya. One point connects to the other, yang mungkin lebih realistis dan masuk akal ketika dilihat melalui jendela logika. Logic also plays a big role in this industry, so you have to keep your head right. Tidak melulu kreatifitas hanya sebatas imajinasi, ada ‘tools’ lainnya yang mendukung bagaimana sebuah karya tercipta.

 

The starting point always be the hardest part and there’s so much risk to take to create a big impact. Walaupun terlihat menyenangkan, terjun ke dunia kreatif ternyata dapat diibartkan seperti berpetualang ke alam liar, tidak tahu akan bertemu apa di tengah perjalanan dan tidak tahu bagaimana pada akhirnya akan bertahan. Just do one thing, put your fears aside and never give up.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *