[Event Review] Manual Brewing with WA Coffee

Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam metode pembuatan secangkir kopi. For starters, ternyata menyeduh kopi itu tidak semudah yang kita bayangkan, lho. Ada proses panjang yang harus dilewati oleh biji kopi agar menjadi secangkir kopi yang nikmat. Bersama Mbak Tari, Sabtu sore di Coworkinc diisi dengan kelas manual coffee brewing.

img_20161006_105645

Sebelumnya, apa itu manual brewing? Manual brewing adalah cara untuk menyeduh kopi secara manual tanpa mesin espresso, dengan proses penggilingan dan filtering yang dilakukan dengan tangan. Hasilnya berbeda dengan kopi buatan mesin espresso – lebih berkarakter juga mempunyai taste yang unik. Untuk membuat secangkir kopi nikmat dengan metode ini, dibutuhkan keahlian tangan dan ketelitian yang tinggi. Mbak Tari dengan lihai memperagakan manual brewing dengan alat seduh yang disebut pour-over Hario V60 dan french press. Sore ini, kopi kintamani dan kopi toraja adalah pilihan kami.

img_20161006_103447

Sambil menyeruput kopi kintamani yang hangat, kami menyaksikan Mbak Tari melakukan keahliannya. Customer ada, tetapi Mbak Tari tidak terlihat kewalahan, ia tetap melakukan semuanya dengan lancar sambil menjelaskan teknik-teknik manual brewing kepada kami. Katanya, French press dan Hario V60 punya ciri khasnya sendiri. Umumnya, tekstur kopi hasil brewing dengan french press terasa sedikit berminyak dan sandy. Sedangkan Hario V60 sedikit berbeda karena dalam prosesnya menggunakan kertas filter sehingga teksturnya lebih jernih (no lipid) dan beraroma citrus samar. Ketika menggunakan Hario V60, Mbak Tari menyeduh kopi dengan alur spiral, agar flavor terekstrak dengan baik. As the result, secangkir kopi toraja dengan aroma yang nikmat pada sore hari menjadi penutup sesi kelas bersama Mbak Tari. What an enjoyable Saturday evening!

contributor: Athiya Khairunnisa [athiya.blue@gmail.com]

2 thoughts on “[Event Review] Manual Brewing with WA Coffee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *