How to Manage HR in Medium and Small Companies with Gadjian.com

 Tren entrepreneurship tampaknya semakin ramai tumbuh mewarnai industri bisnis kreatif di  Jakarta. Bagi small company atau start up company yang sudah mulai berkembang, permasalahan yang dihadapi bukan lagi seputar strategi marketing atau promosi. Saat sebuah tim mulai berkembang, sebagian founders mulai menemukan bahwa proses merekrut dan mengelola karyawan ternyata itu tidak semudah yang dibayangkan. Selalu ada proses panjang yang harus ditempuh oleh para pemilik bisnis untuk bisa mendapatkan komposisi karyawan a.k.a tim yang tepat. Nah, event Netwarming di Coworkinc kali ini membahas tentang HR for Small Business Founders bersama Else Fernanda CHRP, salah satu founders platform pengelolaan SDM, Gadjian.com.

img_20160929_200821

Sumber Daya Manusia ibarat nyawa dari suatu perusahaan untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam suatu perusahaan, diperlukan strategi tepat yang tentu saja harus diimplementasikan oleh SDM yang mumpuni. Else Fernanda memulai acara dengan menggarisbawahi pentingnya menentukan visi, misi, dan company values agar suatu perusahaan jelas arah, tujuan, dan identitasnya.

Atmosfer event Netwarming yang nyaman malam itu akhirnya menjadi ajang berbagi pengalaman antara para founders. Ternyata, sulitnya mengelola millenials menjadi isu utama yang nampaknya dihadapi oleh hampir semua founders yang hadir. Umumnya, millenials dinilai sulit bekerja secara jangka panjang dalam satu perusahaan karena mudah merasa tersinggung ketika dikritik, kurang tekun, dan kurang loyal pada pekerjaan. Tapi, sisi positifnya mereka sangat kreatif dalam menciptakan hal baru.

Else Fernanda memaparkan bahwa ada dua tips awal yang bisa dilakukan untuk mengelola administrasi SDM secara efisien di dalam tim yang sedang berkembang. Tentukan ‘Person In Charge’ diantara anggota, untuk menentukan siapa bertanggungjawab atas apa. Pembagian divisi atau peran juga bisa menghindari tumpang tindih pekerjaan. Selain itu juga bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja. Yang kedua, sangat dibutuhkan tools untuk memudahkan pengelolaan administrasi SDM atau HR agar terorganisir dengan baik. Dengan bantuan aplikasi seperti HRIS, juga perhitungan gaji, lembur, jumlah hak cuti, hingga perhitungan pajak tidak akan merepotkan lagi bagi para founders. Ternyata banyak sekali yang harus dipelajari dalam hal pengelolaan SDM. What a fun night with so much good content!

Contributor: Meutiah Ismiyara (ismiyara@gadjian.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *